Bijaklah di Sosial Mediamu

Media sosial sudah lekat dengan kehidupan kaum milenial saat ini. Segala hal dibagikan dimedia sosial mulai dari kegiatan rutin, pengalaman yang dilalui sampai hal yang bersifat personal. Siapa sih yang tidak punya akun sosial media dizaman sekarang?? Dulu mungkin kita pernah mengenal Sosial Media Friendster atau Facebook saja. Namun saat ini, Sudah banyak sekali pilihan media sosial dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada tempat untuk berbagi Video seperti YouTube, berbagi gambar seperti Instagram, tempat chatting seperti Whatsapp, berbagi tulisan micro blog seperti Twitter dan masih banyak lagi.


Berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh We Are Social yang bekerjasama dengan Hootsuite, menyebutkan bahwa ada 130 Juta orang Indonesia yang terbilang aktif di Media Social (Medsos). Laporan We Are Social mengungkapkan bahwa total populasi Indonesia mencapai 265,4 Juta Jiwa, sedangkan pengguna Internetnya setengah dari populasi yakni sebesar 132,7 Juta.

Bila dilihat dari jumlah pengguna Internetnya, maka bisa dibilang Seluruh pengguna Internet di Indonesia sudah mengakses media sosial. We Are Social mengatakan 132,7 Juta pengguna Internet, 130 Juta diantaranya pengguna aktif di Medsos dengan penetrasi 49%. Sedangkan dari jumlah perangkat, We Are Social mengatakan Unique Mobile Users menyentuh angka 177,9 Juta dengan Penetrasi 67%.

Platform Media Sosial yang paling digandrungi oleh Orang Indonesia diantaranya YouTube 43%, Facebook 41%, Whatsapp 40%, Instagram 38%, Line 33%, BBM 28%, Twitter 27%, Google+ 25%, FB Messenger 24%, LinkedIn 16%, Skype 15%, dan WeChat 14%.

Layaknya pisau bermata dua, Media Sosial juga menjadi alat ampuh untuk menebarkan kebencian. Tak jarang, melalui media sosial terjadi Pertengkaran, Kejahatan, bahkan tindakan Terorisme. Tertangkapnya sindikat jaringan saracen yang diduga bekerja untuk membuat Hoaks, Isu SARA dan Propaganda kebencian menjadi bukti paling sahih, kita harus bijak bermedia sosial. Untuk itu, Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar kita bisa menjadi pribadi yang bijak dalam menggunakan media sosial.

  • TIDAK SHARE INFO PRIBADI

Berhati-hatilah dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kamu menahan diri untuk Share Informasi tersebut seperti Alamat Rumah, Nomor Ponsel, Kegiatan rutin kamu dan lain sebagainya yang sangat pribadi.

Jangan sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab melalui media sosial.

  • JAGA INNER CIRCLE

Periksa lagi siapa Followers atau temanmu di media sosial. Sebaiknya jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak begitu kamu kenal. Lebih baik jaga Inner Circle-Mu dengan teman-teman dan kerabat yang kamu kenal dengan Baik.

  • JAGA ETIKA

Dalam bersosial media tentunya kita harus selalu memperhatikan etika, termasuk bersosialisasi melalui media sosial. Citra diri akan dikaitkan dengan apa yang kamu bagikan dan apa yang kamu tulis. Jadi, tetap jaga etika mu sebaik mungkin.

  • NO SARA NO HOAX

Pastikan konten yang kamu bagikan di media sosial tidak mengandung unsur SARA dan Hoax. SARA adalah pandangan dan atau tindakan yang dilakukan berdasarkan sentimen atas Identitas spesifik yang meliputi Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan. Sementara Hoax adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar.

  • SARANA PENGEMBANGAN DIRI

Jadikan media sosial sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri. Kamu dapat membagikan hasil karyamu, Ilmu maupun pandanganmu terhadap suatu hal. Kamu juga bisa menimba Ilmu melalui media sosial dengan mengikuti kelas Online maupun Follow akun yang membawa dampak positif bagi pengembangan dirimu.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda praktikkan. Dengan Jumlah Pengguna media sosial yang berjuta-juta. Bijaklah Anda dalam menggunakan Media Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *